Sabtu, 29 November 2014

Laporan narasi kegiatan pembersihan kali angke Jakarta Utara





KALI ANGKE
BUKAN
KALI "BANGKE"

Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan mengeruk Kali Angke pada tahun 2012, demikian pernyataan Gubernur Fauzi Bowo saat melepas peserta lomba perahu naga yang diselenggarakan di Kali Angke, dalam Festival Kali Angke Tzu Chi 2011, di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Sabtu 09 Juli 2011.

Menurut Fauzi Bowo, wariskan anak cucu kita sebuah sungai yang jernih, untuk itu Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk mewujudkan Kali Angke menjadi objek wisata air di Jakarta Utara. Karenanya, ia juga meminta agar warga Kali Angke menjaga kebersihan kali tersebut. Dengan diadakannya festival perahu naga yang akan diagendakan setiap tahun ini, maka Kali Angke nantinya akan selalu dikeruk, namun warga pun tetap diminta partisipasinya untuk menjaga kebersihan kali. Terutama warga Kapuk Muara dan Penjagalan yang berada persis di kali dekat Kali Angke. Sebab, kalau Kali Angke bersih dari sampah dan lumpur, wilayah Penjaringan, khususnya Pluit tidak lagi mengalami kebanjiran.
Hamid Efendi, salah satu warga masyarakat Kapuk Muara mengatakan sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Pemda DKI Jakarta yang begitu peduli  terhadap permasalah Kali Angke. “Kami warga Kapuk Muara merasa bangga dengan diadakannya Festival Kali Angke Lomba Perahu Naga, karena dengan diadakannya festival ini segala infrastruktur yang ada di sekitar Kali Angke akan ada pembenahan,” ujar Hamid. Perbaikan-perbaikan infrastruktur ini akan berdampak langsung kepada warga Kapuk Muara. Di sisi lain festival ini menjadi hiburan bagi masyarakat Kapuk Muara dan warga berharap Kali Angke Tzu Chi ini lebih difungsikan bukan hanya sebagai lalu lintas air, tetapi juga bisa dijadikan salah satu obyek kunjungan wisata.

Ya, Semoga Kali Angke menjadi akses jalur utama perdagangan nelayan seperti dahulu sebagai mana mestinya yang dengan sangat mudah menuju Pelabuhan Muara Angke. Serta air pun mengalir dengan lancar tanpa ada tumpukan sampah yg menyebabkan tersumbatnya aliran sungai (banjir). amin








Tidak ada komentar:

Posting Komentar