Jumat, 21 November 2014

go green!!! "selamatkan alam" maka kita akan selamat

Pemadam Kebakaran selain memadamkan api Pemadam juga “membanjiri” lingkungan

Dinas pemadam kebakaran yang notabennya adalah seorang firefighter atau lebih tepatnya dikenal petarung api, kini wajahnya telah berubah menjadi lebih baik. Dengan salah satu tupoksinya adalah penanggulangan bencana, Pemadam kebakaran menyadari bahwasanya banyak sekali yang dirugikan ke manusia oleh alam, oleh sebab itu disinilah peranan pemadam kebakaran mencoba membalikan serta mengubah paradigma masyarakat yang berpikiran seperti tadi.


Memang benar apa yang dikatakan mereka, tetapi alam itu tidak akan memberikan kita bencana kalau tidak kita yang terlebih dahulu memberikan bencana tersebut kepada mereka. Sebagai contoh kebakaran hutan, apakah api itu muncul tiba – tiba di hutan? Secara ilmu kebakaran ada 3 unsur yang menyebabkan terciptakannya api, yaitu panas, bahan bakar, dan oksigen. Dan seketika akan terciptanya api ketika ketiganya mencapai keseimbangan. Oleh karenanya ketika kita menebang hutan berlebihan, bersiaplah salah satu unsur api yaitu panas akan menghampiri kita.


Penebangan hutan juga bisa mengakibatkan bahaya banjir. Bencana ini pun banyak merugikan harta bahkan jiwa seseorang yang terkena efek dari banjir tersebut. Oleh karena itu Dinas Pemadam Kebakaran & Penanggulangan Bencana ikut berperan aktif dalam penghijauan tanaman kota kepada peserta didik anak taman kanak – kanak dan sekolah dasar, demi tujuan menanamkan pemahaman dini kepada mereka, betapa indahnya jika lingkungan di sekitar kita jika dijaga dan disirami agar tidak ada satu pohon atau tanaman yang kering dan mati.



Go go go firefighter go go go green
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar